Test Kesehatan Untuk Pramugari Saat Perekrutan

Tes kesehatan pramugari merupakan serangkaian test yang harus dijalani seseorang yang sedang menjalani proses perekrutan pramugari yang diadakan oleh maskapai penerbangan.

Setiap calon pramugari tentunya akan melewati tahapan tahapan tes seleksi. Salah satunya adalah tes kesehatan pramugari, ada banyak jenis tes kesehatan yang akan dijalani oleh setiap calon pramugari. Pingi tahu lebih banyak tentang tes kesehatan pramugari? Inilah informasinya.

test kesehatan pramugari



Flight attendant atau pramugari (untuk wanita) sedangkan pramugara (untuk pria) adalah staff atau karyawan perusahaan penerbangan yang mempunyai tugas utama yaitu menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang pesawat selama penerbangan.

Selain inidividu yang positif, dinamis dan memiliki wawasan luas, untuk bisa menjadi seorang pramugari juga harus memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  1. Wni (warga negara indonesia)
  2. Pria atau wanita
  3. Pendidikan minimal sma/smk sederajat
  4. Berpenampilan menarik
  5. Berkepribadian baik
  6. Single (belum menikah)
  7. Sehat jasmani & sehat rohani
  8. Usia minimal 18 tahun saat pendaftaran
  9. Usia maksimal 23 tahun saat pendaftaran
  10. Tinggi minimal 158cm, maksimal 172cm (wanita)
  11. Tinggi minimal 170cm, maksimal 182cm (pria)
  12. Tidak menggunakan kacamata
  13. Diperkenankan menggunakan lensa kontak dengan ketentuan maksimal minus -3.00, sedangkan untuk silindris c-100.
  14. Mampu menguasai bahasa inggris dengan baik, diutamakan memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.

Penampilan wajib calon pramugari

Selain dari beberapa persyaratan diatas, setiap calon pramugari atau pramugara juga wajib memperhatikan penampilan saat mengikuti tes seleksi calon pramugari seperti:
  1. Berpakaian rapi atasan blus lengan pendek warna terang (putih)
  2. Memakai rok sebatas lutut warna gelap
  3. Memakai sepatu pantofel (high heels)
  4. Memakai make-up yang terkesan natural jangan terlalu menor
  5. Menata rambut dengan rapi (rambut panjang harap diikat satu).

Berkas pendaftaran calon pramugari

Untuk bersyaratan berkas pendaftaran calon pramugari juga wajib anda persiapkan diantaranya:
  1. Curiculum vitae (asli)
  2. Fotocopy ktp (kartu tandan pengenal)
  3. Fotocopy skck dari kepolisian
  4. Fotocopy akte kelahiran
  5. Fotocopy kk (kartu keluarga)
  6. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir
  7. Foto ukuran 3×4 background merah
  8. Foto ukuran 4×6 background merah
  9. Foto seluruh badan ukuran postcard.

Tes kesehatan pramugari

Tes kesehatan calon pramugari atau juga disebut dengan tes medex (medical examination) tujuan dari tes ini adalah untuk menemukan calon pramugari yang mempunyai kesehatan yang bagus.

Selain itu tes kesehatan juga berfungsi untuk mengidentifikasi apakah calon pramugari tersebut mengkonsumsi obat-obat terlarang atau minuman beralkohol atau tidak. Semua akan terlihat ketika dilakukannya tes ini. Dalam test ini semua calon pramugari akan diambil sample darahnya untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Tes urine (air seni)

Didalam tes urine, setiap calon pramugari akan diberikan wadah kecil untuk menampung urine. Kemudian urine yang ada di wadah tersebut akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Tes urine ini tujuannya untuk memeriksa apakah calon pernah menggunakan obat tertentu seperti narkoba dan obat-obatan lain.

Dari hasil tes urine juga akan bisa dikertahui apakah calon praugari tersebut memiliki penyakit tertentu atau tidak. Selain itu, tes urine juga untuk memeriksa apakah calon pramugari dalam keadaan hamil atau tidak.

Tes ekg (jantung)

Tes kesehatan jantung memiliki tujuan untuk memastikan bahwa setiap pramugari benar-benar mempunyai jantung yang sehat. Tidak dipekenankan bagi calon pramugari yang menderita penyakit jantung menjadi seorang pramugari atau pramugara.

Biasanya calon pramugari akan diminta untuk berbaring dan membuka baju. Berbagai kabel akan ditempelkan pada tubuh kandidat pramugari. Pemeriksaan dilakukan pada bagian jantung, nadi tangan dan kaki setiap calon pramugari atau pramugara.

Tes mata pramugari

Bagi setiap calon pramugari juga akan menjalani tes kesehatan mata. Beberapa tes kesehatan mata yang dilakukan untuk memeriksa apakah mata dalam kondisi baik dan memenuhi persyaratan untuk menjadi pramugari atau pramugara.

Beberapa tes kesehatan mata yang dijalani adalah tes yang berkaitan dengan mata. Tes mata pramugari seperti:
  • tes buta warna
  • tes minus atau silinder
  • tes jarak pandang
  • tes pergerakan mata
  • dll.
Dalam tes kesehatan mata pramugari para calon pramugari diminta mencari tanda bulan o atau tanda lengkung bulac c pada gambar yang disediakan.

Tes rontgen (paru-paru) dan pernafasan

Jadi tes kesehatan pramugari meliputi apa saja ya? Berikutnya adalah tes rontgen (paru-paru) dan spirometri (pernafasan). Saat menjalani test ini calon pramuari akan diminta untuk membuka seluruh baju dan mengenakan jubah khusus. Lalu setiap peserta diminta untuk menempelkan tubuh ke papan khusus.

Setelah itu peserta akan mendapatkan hasil print out rontgen paru-paru. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengetahui apakah paru-paru dan sistem pernapasan calon pramugari dalam keadaan baik dan sehat.

Tes gigi pramugari

Kesehatan gigi yang baik pastrinya juga menjadi salah satu syarat penting untuk setiap calon pramugari. Setiap calon pramugari akan diperiksa struktur giginya. Misalnya, akan dicari tahu apakah gigi calon pramugari memiliki tambalan atau berlubang.

Jika calon pramugari memiliki gigi berlubang, maka perlu ditambal terlebih dulu. Sebab, gigi yang berlubang bisa membuat ngilu saat pesawat melakukan take off atau landing.

Tes audiometri (pendengaran)

Memiliki pendengaran yang baik juga merupakan salah satu bagian yang menunjang kinerja seorang pramugari. Karena, setiap pramugari atau pramugara akan melakukan komunikasi langsung dengan seluruh penumpang di pesawat.

Dalam tes audiometri ini, setiap calon pramugari akan dibawa masuk kedalam ruang yang kedap suara dan diminta untuk memakai headset. Kemudian, calon pramugari akan diberi pereintah untuk menekan tombol tertentu jika mendengar suara dalam ruangan tersebut maka akan dinyatakan normal. Tes ini dilakukan secara bergantian untuk telinga kanan dan telinga kiri.

Tes fisik pramugari

Tes pramugari (tes fisik) untuk menjadi flight attendant tentu bukan tes fisik seperti harus melakukan lari, push-up dan lain-lainnya. Biasanya dokter akan mengajukan pertanyaan seputar kebiasaan seperti merokok, riwayat penyakit dan alur menstruasi.

Dalam tes fisik ini juga nantinya dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan badan, kulit dan tulang. Contohnya, calon pramugari diminta untuk berdiri diatas satu kaki dengan tangan direntangkan ke belakang. Tes ini berfungsi untuk mengetahui apakah calon pramugari memiliki keseimbangan badan yang baik dan kondisi tulang yang sehat.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai tes kesehatan pramugari, semoga dapat memberi manfaat bagi para pejuang mimpi calon pramugari atau pramugara.

Pastinya, dengan mengetahui tes apa saja yang dijalani nantinya. Kalian bisa mempersiapkan fisik dan mental untuk menjalani tes kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar